Ads Home1

C# Program - Konsep dari Algoritma Matriks

http://www.xcodeplus.net/2018/03/csharp-algoritma-matriks.html


Apa itu yang dimaksud dengan Matriks ?

Dikutip dari wikipedia dalam matematika, matriks adalah susunan bilangan, simbol, atau ekspresi, yang disusun dalam baris dan kolom sehingga membentuk suatu bangun persegi. Sebagai contoh, dimensi matriks di bawah ini adalah 2 × 3 (baca "dua per tiga"), karena terdiri dari dua baris dan tiga kolom:

[1  2  3]
[1  5  2]

Butir individual dalam m × n matriks A, sering dilambangkan dengan a i, j, dimana nilai maksimum i = m dan nilai maksimum j = n, disebut elemen, entri atau anggota matriks. Asalkan memiliki ukuran yang sama (masing-masing matriks memiliki jumlah baris dan jumlah kolom yang sama), dua matriks dapat ditambahkan atau dikurangkan elemen demi elemen (lihat matriks yang dapat dibentuk). Untuk aturan perkalian matriks, dua matriks dapat dikalikan hanya jika jumlah kolom pada matriks pertama sama dengan jumlah baris pada matriks kedua (dengan kata lain, dimensi dalamnya sama, n untuk Am,n × Bn,p).

Pemanfaatan matriks misalnya dalam menemukan solusi sistem persamaan linear. Penerapan lainnya adalah dalam transformasi linear, yaitu bentuk umum dari fungsi linear, misalnya rotasi dalam 3 dimensi.

Matriks seperti halnya variabel biasa dapat dimanipulasi, seperti dikalikan, dijumlah, dikurangkan dan didekomposisikan. Dengan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur. Dalam bahasa pemrograman C# kita dapat membuat sebuah matriks dengan algoritma dibawah ini sebagai berikut:




using System;

namespace ConsoleApplicationMatriks
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            Console.WriteLine("=> Matriks 2 matra/dimensi.");
            // Mendeklarasikan array 2 matra/dimensi.
            int[,] myMatrix;
            myMatrix = new int[9, 9];
            // Mengisi array dengan ukuran 9 x 9.
            for (int i = 0; i < 9; i++)
                for (int j = 0; j < 9; j++)
                    myMatrix[i, j] = i * j;
            // Mencetak array dengan ukuran 9 x 9.
            for (int i = 0; i < 9; i++)
            {
                for (int j = 0; j < 9; j++)
                    Console.Write(myMatrix[i, j] + "\t");
                Console.WriteLine();
                Console.WriteLine();
            }
            Console.ReadLine();
        }
    }
}



=> Matriks 2 matra/dimensi.
0       0       0       0       0       0       0       0       0

0       1       2       3       4       5       6       7       8

0       2       4       6       8       10      12      14      16

0       3       6       9       12      15      18      21      24

0       4       8       12      16      20      24      28      32

0       5       10      15      20      25      30      35      40

0       6       12      18      24      30      36      42      48

0       7       14      21      28      35      42      49      56

0       8       16      24      32      40      48      56      64



Catatan:
Untuk pembahasan mengenai konsep dari Matriks saya akan membahasnya pada postingan yang terpisah, karena akan sangat kompleks jika dilakukan bersamaan. So, jangan segan untuk kembali lagi kesini karna saya akan selalu memperbarui postingan saya setiap harinya.

Anda juga dapat mengimplementasikan kode program di atas di bahasa pemrograman lainnya seperti C++ dan Java yang memang pada dasarnya untuk penulisan syntaksnya tidaklah berbeda dengan bahasa pemrograman C# Anda hanya perlu merubah beberapa bagian seperti perintah input/output, pustaka, implementasi class dan sebagainya.




http://www.xcodeplus.net/2018/03/csharp-algoritma-matriks.html
C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.


No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.