Ads Home1

C# Tutorial - Konsep dari virtual dan override

http://www.xcodeplus.net/2017/12/csharp-tutorial-virtual-dan-override.html


Apa itu virtual dan override ?

Suatu metode yang didefinisikan di dalam kelas dasar dapat diperbarui/modifikasi sifatnya (didefinisikan ulang) di dalam kelas turunan. Proses ini disebut dengan override terhadap metode. Dalam proses override, metode di dalam kelas dasar dan di dalam kelas induk harus memiliki nama yang sama, begitu juga dengan daftar parameternya. Untuk melakukan override terhadap metode, kita perlu menggunakan kata kunci virtual dan override.

Agar metode di dalam kelas dasar dapat di-override oleh kelas turunan, metode tersebut harus dideklarasikan sebagai metode virtual. Untuk menjadikan metode sebagai metode virtual inilah kita perlu menggunakan kata kunci virtual. Bentuk umum penggunaannya adalah sebagai berikut:

TipeAkses virtual TipeKembalian NamaMetode(daftar-parameter){
    // Badan metode di dalam kelas dasar
}

Ketika melakukan proses override, metode di dalam kelas turunan harus dideklarasikan menggunakan kata kunci override. Bentuk umum penggunaanya adalah sebagai berikut:

TipeAkses override TipeKembalian NamaMetode(daftar-paramter){
   // Badan metode di dalam kelas turunan
}

Dengan cara ini, kompilator akan tahu bahwa metode bersangkutan adalah metode milik kelas dasar yang didefinisikan ulang oleh kelas turunan, bukan metode baru.
PROGRAM 1.1
using System;

class KelasDasar {
  // mendefinisikan metode virtual
  public virtual void Example() {
    Console.WriteLine("Implementasi KelasDasar.Example()");
  }
}

class KelasTurunan: KelasDasar {
  // melakukan override terhadap metode KelasDasar.Example ()
  public override void Example() {
    Console.WriteLine("Implementasi baru " + 
      "di dalam KelasTurunan.Example()");
  }
}

class DemoOverride1 {
  static void Main() {
    KelasTurunan obj = new KelasTurunan();

    // memanggil KelasTurunan.Example();
    obj.Example();
  }
}


HASIL PROGRAM 1.1
Implementasi baru  di dalam KelasTurunan.Example()


Ketika metode Example() dipanggil melalui objek dari kelas KelasTurunan, yang akan dipanggil adalah metode Example() yang telah didefinisikan ulang di dalam KelasTurunan. Implementasi lama dari metode Example() yang ada di dalam KelasDasar tidak dieksekusi.  

Dalam banyak kasus pemrograman, proses override di dalam kelas turunan biasanya hanya digunakan untuk menambah kode baru ke dalam kode lama yang telah diimplementasi oleh kelas dasar. Untuk melakukan hal ini, kita perlu memanggil metode Example() yang didefinisikan di dalam kelas KelasDasar menggunakan kata kunci base.




C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.


No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.