Ads Home1

C# Tutorial - Pengertian Array dan Struktur Array Satu Dimensi

http://www.xcodeplus.net/2017/10/csharp-tutorial-pengertian-array.html


ARRAY

Array (atau larik) adalah sekumpulan variabel bertipe sama yang direferensi menggunakan satu nama. Masing-masing variabel  di dalam array disebut sebagai elemen array, yang dapat kita akses melalui indeksnya. Dalam C#, indeks array selalu bertipe int dan dimulai dari 0, bukan 1. Indeks berfungsi sebagai posisi dari elemen array. Berikut ini adalah gambar yang mengilustrasikan sebuah array dengan nama A yang berisi 5 elemen.
http://www.xcodeplus.net/2017/10/csharp-tutorial-pengertian-array.html
Gambar 1.1 Ilustrasi dari array satu dimensi.

Pada gambar di atas, A[0], A[1], A[2], A[3], dan A[4] adalah elemen dari array A, 0,1,2,3, dan 4 adalah indeks dari array, sedangkan 10, 20, 30, 40 dan 50 adalah nilai-nilai yang tersimpan dalam masing-masing elemen array.
Dalam banyak kasus pemrograman, array sering digunakan untuk pengelolaan sekelompok data, misalnya data untuk nilai siswa dan kasus-kasus lainnya yang berhubungan dengan data. Berbeda dengan Bahasa pemrograman lainnya, C# mendukung pembuatan array yang masing-masing baris memiliki jumlah kolom yang berbeda yang disebut dengan Jagged array.


Jenis- jenis Array

Dalam Bahasa pemrograman C#, array terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:
•  Array Satu Dimensi
•  Array Dua Dimensi
•  Array Tiga Dimensi
•  Jagged Array



Cara Mendeklarasi Array

Array dideklarasikan menggunakan tanda bracket  [ ] . Dalam C#, bentuk umum untuk mendeklarasikan array (satu dimensi) adalah sebagai berikut:

tipe[] NamaArray;

Dalam C#, array diimplementasikan sebagai objek sehingga kita perlu melakukan instansiasi terlebih dahulu sebelum menggunakan array. Caranya adalah dengan menggunakan kata kunci new. Selain itu, kita juga perlu menyertakan jumlah elemen array yang akan dialokasikan. Bentuk umum untuk proses instansiasi array adalah sebagai berikut:

NamaArray = new tipe[JumlahElemen];

Para programmer C# pada umumnya menuliskan proses deklarasi dan instansiasi array dalam satu baris kode, seperti berikut:

tipe[] NamaArray = new tipe[JumlahElemen];

tipe yang ditulis dalam bentuk umum di atas menunjukan tipe data dari nilai yang akan disimpan di dalam elemen array. Sebagai contoh, untuk membuat 5 elemen array bertipe int, kita perlu menuliskan kode seperti berikut:

int[] A = new int[5];

Melalui kode seperti ini, A merupakan referensi yang menunjukan ke alamat memori yang dialokasikan oleh kata kunci new. Setelah proses ini, kita dapat mengisi nilai dari elemen-elemen array dengan menggunakan indeksnya, seperti yang ditunjukan oleh contoh kode di bawah ini.

A[0] = 10;

Kode di atas akan mengisi nilai 10 ke dalam elemen array pertama. Ingat! seperti yang saya telah sampaikan bahwa elemen array dimulai dari indeks ke-0 bukan 1. Anda bisa melihat kembali pada contoh gambar di atas.

Berikut ini contoh kode program yang menunjukan cara membuat dan menggunakan array satu dimensi.

PROGRAM 1.1
using System;

class DemoArray{
    static void Main(){
       int[] A = new int[5];
 
       A[0] = 10;
       A[1] = 20;
       A[2] = 30;
       A[3] = 40;
       A[4] = 50;

       foreach(int elemen in A){
           Console.WriteLine("A["+elemen+"]");
        }
       Console.ReadLine();
  }
}


http://www.xcodeplus.net/2017/10/csharp-tutorial-pengertian-array.html
Gambar 1.2 Tampilan hasil program 1.1

Catatan :
Selain menggunakan tipe data int, kita juga dapat menggunakan tipe data lainnya seperti string, char dan sebagainya. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan semua elemen dari array yang Anda deklarasikan bertipe sama.




Inisialisasi Array

Dalam pendeklarasian sebuah array kita juga dapat secara langsung menginisialisasikan nilai-nilai elemen array, saat array bersangkutan dibuat. Proses inisialisasi array di dalam C# dilakukan dengan menggunakan bentuk umum seperti berikut:

tipe[] NamaArray = new tipe[]{nilai1,nilai2,nilai3, ...};

atau cukup ditulis sebagai berikut:

tipe[] NamaArray = {nilai1, nilai2, ...};

Berikut ini contoh program yang akan menunjukan proses inisialisasi array dengan tipe data yang berbeda-beda dan juga dengan format penulisan dari contoh bentuk kode di atas.


PROGRAM 1.2
using System;

class DemoArray{
    static void Main(){
       // Proses inisialisasi array (larik).
       // Perhatikan perbedaan dalam penulisan inisialisasi array
       // terhadap masing-masing tipe data yang berbeda.
       int[] A = new int[5]{10, 20, 30, 40, 50};

       // Penulisan dengan bentuk kedua.
       char[] Grade = {'A','B','C','D','E'};
       
       string[] Name = {"Jimmy","Tommy","Karina","Elizabet","Luna"};
 
 // Proses untuk menampilkan nilai di dalam array
        // yang elemennya bertipe int.
       foreach(int element in A){
           Console.WriteLine("A["+element+"]");
        }
        Console.WriteLine();
         // Proses untuk menampilkan nilai di dalam array
        // yang elemennya bertipe char.
  foreach(char element in Grade){
           Console.WriteLine("Grade : ["+element+"]");
        }
         
         Console.WriteLine();
         // Proses untuk menampilkan nilai di dalam array
        // yang elemennya bertipe string.
  foreach(string element in Name){
           Console.WriteLine("Name : ["+element+"]");
        }
  
       Console.ReadLine();
  }
}

http://www.xcodeplus.net/2017/10/csharp-tutorial-pengertian-array.html
Gambar 1.3 Tampilan hasil program 1.2

Pada hasil program di atas, dalam hal ini membuktikan bahwa dalam array atau larik kita dapat menggunakan tipe data tidak hanya bertipe integer akan tetapi dari tipe lainpun bisa seperti char, string dan sebagainya, asalkan hal yang harus Anda perhatikan adalah pastikan setiap elemen array merupakan tipe data yang sejenis.

Array pada dasarnya seringkali dijumpai pada kasus-kasus dunia pemrograman, oleh sebab itu saya sarankan Anda memahami betul bentuk penggunaan dari array, seperti yang saya sampaikan di atas, banyak sekali jenis array yang dapat kita bedakan melalui dimensinya, pada pembahasan berikutnya kita akan membahas mengenai array multidimensi atau juga sering disebut Rectangular Array




C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.