Ads Home1

C# Tutorial - Statemen Pengulangan while

http://www.xcodeplus.net/2017/09/csharp-tutorial-statemen-pengulangan-while.html



Statemen while

Terkadang dalam membuat sebuah program, ada beberapa masalah yang kita hadapi harus menggunakan suatu logika yang dapat mengulang suatu kondisi. Pada statemen while fungsinya digunakan untuk mengulang suatu kondisi yang dimana kondisi tersebut belum kita ketahui batasannya, jika suatu kondisi yang kita hadapi dapat kita prediksi kapan suatu momen itu berakhir maka statemen while ini bukanlah hal yang tepat dalam menangani permasalahan tersebut, walaupun bisa saja kita menggunakannya akan tetapi dalam bahasa pemrograman C#, ada sebuah statemen pengulangan lainnya yang memang pantas untuk menangani permasalahan tersebut.

Bentuk umum penggunaan statemen while adalah sebagai berikut:

while(kondisi) pernyataan;
atau
while(kondisi){
     pernyataan;
...
}


Pernyatan yang terdapat pada blok pengulangan while akan terus dieksekusi selama kondisi bernilai true. Oleh, karena itu, harus ada suatu aksi tertentu yang menyebabkan kondisi bernilai false, agar proses pengulangan dapat berhenti. Perhatikan kode berikut: PROGRAM 1.1
using System;

namespace Example{

    class Statemen_while{

        public static void Main(string[] args){

        int i = 0;
        while(i < 10 ){
          Console.WriteLine("Langkah ke-" + i + ": ");
          Console.WriteLine("pengulangan while");
        // Dengan adanya variabel pembantu ( i ), maka program
        // memiliki kondisi (false) yang dapat menghentikan proses
        // pengulangan
        i++;
        }

        Console.ReadLine();
     }
  }
}


Pada contoh kode di atas, variabel i (di deklarasikan dengan tipe data interger) berperan sebagai indeks pengulangan, yaitu variabel pencatat langkah pengulangan. Variabel ini berfungsi untuk mengontrol jalannya proses pengulangan. Dalam kasus ini, mula-mula variabel i diinisialisasi secara langsung dengan nilai 0. Ini adalah keadaan awal sebelum program masuk ke blok pengulangan. Selanjutnya program akan memeriksa kondisi (i < 10). Karena 0 lebih kecil dari 10 berarti kondis bernilai true, dan program akan mengeksekusi pernyataan di dalam blok pengulangan untuk pertama kalinya. 
Setelah itu, nilai variabel i akan di tambah 1 melalui pernyataan i++. (tanda ++ disebut sebagai operator increment) sebelumnya pada pembahasan yang lalu kita telah membahasanya mengenai operator increment disini. Dengan demikian, nilai i sekarang berubah menjadi 1. Sampai pada tahap ini, program akan kembali lagi ke atas untuk memeriksa kondisi yang didefinsikan. Karena nilai i masih lebih kecil dari 10 maka program akan mengeksekusi kembali pernyataan di dalam blok pengulangan. Kemudian, nilai i dinaikan lagi menjadi 2. Proses ini akan terus berulangan hingga nilai i sama dengan 9. Ketika i bernilai 10, kondisi akan bernilai false, dan proses pengulangan akan dihentikan. Hasil akhir yang akan diberikan adalah sebagai berikut:

http://www.xcodeplus.net/2017/09/csharp-tutorial-statemen-pengulangan-while.html
Gambar 1.1 Tampilan hasil program dari statemen while

Ini berarti bahwa kode di atas akan mengeksekusi pernyataan di dalam blok pengulangan sebanyak 10 kali. Pada hasil program di atas, langkah demi langkah pengulangan yang dimulai dari langkah ke-0 sampai ke-9. Kenapa demikian ? karena di dalam C# suatu indeks dimulai dari 0 bukan 1, karena angka 0 termasuk juga suatu nilai.

Catatan :
Jika Anda tidak berhati-hati dalam mendeklarasikan suatu statemen while dalam kode program Anda ada kemungkinan suatu program Anda akan selalu mengulangan pernyataan-pernyataan yang ada di dalam blok while. Jadi Anda harus berhati-hati dalam pendeklarasiannya dan selalu membuat asumsi yang dimana akan terjadinya nilai false.

Statemen while Bersarang

Sama seperti statemen pemilihan yang memiliki pendeklarsian ganda, di dalam pengulangan while-pun sama, kita juga dapat menggunakan pengulangan while bersarang atau nested loop. Dalam prosesnya mula-mulai program akan menyelesaikan proses while yang berada di dalam terlebih dahulu setelah selesai barulah mengeksekusi statemen while yang berada di luar.

Bentuk umum penggunaan dari statemen while bersarang adalah sebagai berikut:

while(kondisi){
   pernyataan1A;
...
   
    while(kondisi){
        pernyataan1B;
   ...
  }
}

 
Berikut ini adalah kode program yang menunjukan penggunaan statemen while bersarang sebagai berikut:
PROGRAM 1.2
using System;

namespace LetsCoding{

       class StatementPengulangan{

               public static void Main(){
                 
                int i = 0;
                int j = 0;
                
               // Statemen while luar.
                while(i < 10 ){
                Console.WriteLine("Langkah ke [" + i +"]"+ 
                                "dari statemen while luar");
               i++;
                
              // Statemen while dalam.
                   while(j < 5 ){
                    Console.WriteLine("Langkah ke [" + j +"] dari"+     
                                   "statemen while dalam");
                         j++;
                  } 
                }
                  
                Console.WriteLine("Proses telah selesai!");

           
                Console.ReadLine();
         }
     }
}


Berikut di bawah ini adalah hasil yang akan diberikan oleh kode program di atas saat di jalankan.

http://www.xcodeplus.net/2017/09/csharp-tutorial-statemen-pengulangan-while.html
Gambar 1.2 Tampilan hasil program dari statemen pengulangan while bersarang


Bisa kita lihat di atas, dalam proses pengulangan bersarang pada statemen while mula-mula program mengeksekusi pernyataan yang berada pada while yang di luar, setelah itu barulah program mengeksekusi pernyataan pada while yang di dalam hingga kondisi bernilai false, dan barulah mengeksekusi pernyataan while di luar hingga selesai. Dan program pun berhenti setelah dimana mendapatkan suatu kondisi false.



Jika Ada seputar pembahasan di atas yang belum Anda dapat pahami, silahkan berikan pertanyaan pada kolom komentar di bawah. Jika Anda ingin mendapatkan notifikasi terupdate tentang tutorial pemrograman C#, Anda dapat subscribes blog kami pada homepage xcodeplus.net.




XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]
C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.