Ads Home1

C# Tutorial - Statemen Pengulangan foreach

http://www.xcodeplus.net/2017/09/csharp-tutorial-statemen-pengulangan-foreach.html


Statemen foreach

C# memiliki statemen lain dalam melakukan proses pengulangan, yaitu foreach. Statemen ini berguna untuk menulusuri elemen-elemen yang terdapat pada sekelompok nilai atau objek. Dalam C#, kelompok nilai/objek disebut dengan koleksi (collection). Contoh koleksi yang paling sederhana adalah larik (array). Jika Anda tidak mengetahui apa itu array atau collection, jangan khawatir kita akan membahas hal tersebut, saat ini yang terpenting kalian mengetahui dasar dari konsep perulangan foreach.

Bentuk umum penggunaan statemen foreach adalah sebagai berikut:

foreach(tipe elemen in koleksi) pernyataan;
atau
foreach(tipe elemen in koleksi){
     pernyataan;
...
}


Variabel elemen dapat dideklarasikan menggunakan tipe yang sesuai dengan tipe nilai di dalam koleksi. Jika kita belum tahu secara pasti tipe nilai yang terdapat di dalam koleksi yang akan diakses, kita dapat menggunakan tipe var untuk mendeklarasikan variabel elemen. Berikut ini contoh kode program yang akan menunjukan cara penggunaan statemen foreach untuk mengakses elemen-elemen di dalam array.
PROGRAM 1.1
using System;

namespace LetsCoding{

       class StatementPengulangan{

               public static void Main(){
                 
               // Mendeklarasikan array satu dimensi
               // dan menginisialisasinya.

               int[] data = {1,2,3,4,5,6,7,8,9,10};
                
               // Menulusuri dan menampilkan nilai 
               // yang berada di data (array).
               foreach(int elemen in data){
                   Console.WriteLine(elemen);
               }  
                
                Console.ReadLine();
         }
     }
}

Berikut ini adalah hasil yang akan diberikan oleh kode program di atas.

http://www.xcodeplus.net/2017/09/csharp-tutorial-statemen-pengulangan-foreach.html
Gambar 1.1 Tampilan hasil program pengulangan foreach


Umum penggunaan statemen pengulang foreach ini seringkali dijumpai dari pada statemen pengulangan yang lain, ini dikarena proses untuk mendeklarasikannya relatif lebih mudah, dengan statemen foreach juga kita dapat mencari suatu data yang berada di dalam koleksi oleh karna itu tidak aneh memang programmer C# lebih sering menggunakan statemen pengulangan foreach.



Jika ada pemahaman yang belum Anda mengerti mengenai statemen foreach, silahkan berikan pertanyaan seputar materi yang belum dapat Anda pahami pada kolom komentar di bawah. Jangan lupa subscribe kami melalui email agar Anda tidak ketinggalan postingan terbaru yang di sajikan xcodeplus dan temukan kami diberbagai sosial media.




C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.