Ads Home1

Apa Itu Google AdSense ? Kenapa Saya Harus Memilih Google AdSense ?

http://www.xcodeplus.net/2018/01/apa-itu-google-adsense.html



Apa Itu Google AdSense ?

AdSense adalah program kerjasama periklanan media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah terdaftar keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan di web situsnya.
Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem Pay Per Click (PPC) atau bayar setiap klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.



Perkembangan Google AdSense

Google AdSense dirilis tepatnya pada tanggal 4 Maret 2003 oleh Chairman Google dan CEO Erick Schmidt. Sejak AdSense didirikan, unit AdSense for Content hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa negara-negara di Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, serta satu negara Asia Tenggara yaitu bahasa Thailand. Namun akhirnya pada tanggal 1 Februari 2012 Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit iklan AdSense for Content, setelah sebelumnya bahasa Indonesia hanya didukung untuk unit AdSense for Search saja. Kini AdSense for Content mendukung 36 bahasa negara di dunia.

Perbedaan Akun AdSense Hosted dengan Non-Hosted

Dimulai pada tanggal 7 November 2012 Google mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan AdSense bagi publisher baru yang mendaftar AdSense melalui mitra host, artinya pendaftar baru yang mendaftar AdSense melalui Youtube, Blogger dan Hubpages. Sejak saat itu akun AdSense dibedakan menjadi dua macam, yaitu akun AdSense hosted dan akun AdSense non hosted. 

A. Hosted

Akun AdSense Hosted merupakan akun yang pada saat proses pendaftarannya langsung melalui blogspot maupun youtube artinya domain yang di daftarkanpun merupakan subdomain dari blogspot.com. Berikut di bawah ini beberapa hal perbedaan dari akun hosted:
  1. Iklan AdSense dari akun hosted hanya dapat ditampilkan di blogger maupun youtube.
  2. Anda tidak dapat menampilkan iklan pada situs web yang merupakan kategori Top-level domain  (misal: .net, .com,.org dsb).
  3. Iklan AdSense dari akun hosted dapat digunakan oleh beberapa akun youtube maupun blogger.
  4. Untuk akun hosted, proses diterimanya menjadi publisher AdSense lebih mudah hanya satu tahap review.
  5. Akun hosted untuk perhitungan pembagian pendapatan yang diperoleh berbeda dari akun non-hosted artinya lebih kecil.


B. Non-Hosted

Akun AdSense Non-Hosted merupakan akun khusus, situs website yang didaftarkan merupakan domain kepemilikan sendiri, maksudnya domain yang digunakan pada situ websitenya bukan merupakan subdomain milik blogspot.com yang merupakan subdomain gratis. Pada akun ini website yang di daftarkan memiliki domain yang berkategori Top-level domain seperti .net, .org, .com dan sebagainya.
Pada saat proses pendaftarannya kita tidak bisa langsung melalui halaman di blogspot maupun youtube akan tetapi kita harus mendaftarkan secara langsung melalui situr resmi Google AdSense. Berikut ini beberapa hal yang membedakan dari akun non-hosted:
  1. Situs web yang di daftarkan memiliki domain yang merupakan kategori Top-level domain (.net, .com, .org dsb..).
  2. Akun AdSense Non-hosted dapat digunakan untuk seluruh jenis situs web, kecuali WordPress. Bukan karna AdSense tidak mendukungnya akan tetapi peraturan yang ada dalam WordPress namun di dalam WordPress ada beberapa kategori yang mendukung fitur AdSense.
  3. Akun AdSense Non-hosted hanya dapat dimiliki oleh satu akun saja.
  4. Proses pendaftaran  akun Non-hosted lebih sulit, adanya beberapa tahap review hingga Anda pada akhirnya diterima, namun jangan khawatir saya akan memberikan beberapa tips mengatasinya lihat pada postingan saya berikutnya.
  5. Pendapatan yang diperoleh lebih besar dari Akun hosted, karena perhitungan pendapatannya berbeda.


Kenapa Saya Harus Bekerja Sama Dengan Google AdSense ?

Banyak sekali alasan kenapa lebih direkomendasikan bekerja sama dengan AdSense, AdSense sendiri merupakan penyedia periklanan gratis, konten iklan pun sehat artinya tidak ada iklan yang mengandung konten dewasa, alat-alat kesehatan yang tidak berlisensi, iklan yang provokatif dan berbagai iklan sejenis lainnya. Berikut di bawah ini beberapa alasan kenapa kita lebih memilih AdSense.
  1. Publisher dapat mengatur iklan sesuai dengan tema web situs mereka, sehingga iklan yang dipasang dapat tertarget dengan baik terhadap pengujung web.
  2. Mudah dalam mengkostumisasi gaya periklanan, seperti ukuran, warna, border dan sebagainya
  3. Pengaturan iklan sudah diatur oleh pihak AdSense tanpa kita harus bersusah payah membuat script-script khusus pada web situs kita.
  4. Mudah dalam mengontrol penghasilan AdSense kita, karena sudah adanya fitur untuk mengatur hal itu dengan adanya Google Analytics.
  5. Beberapa fitur tambahan yang sangat membantu publisher dalam menjaga dan merawat penyangan iklan pada web situs mereka.

BACA JUGA: 5 Manfaat yang didapat Jika Menjadi Publisher Google Adsense


Bagaimana Caranya Saya Mendaftarkan Web/Blog Saya di AdSense ?

Hal ini sangatlah mudah, pertama-tama pikirkan telebih dahulu web/blog yang Anda daftarkan merupakan akun hosted atau non-hosted nantinya karena proses pendaftarannya berbeda. Berikut di bawah ini beberapa tahap dalam pendaftaran akun AdSense.

Tahap  1: Ganti pengaturan bahasa ke bahasa inggris, ini bertujuan agar menu penghasilan muncul.

http://www.xcodeplus.net/2018/01/apa-itu-google-adsense.html
Gambar 1.1 - Pengaturan Bahasa




Tahap 2:  Untuk Anda yang ingin mendaftarkan akun hosted Anda dapat langsung pergi ke menu penghasilan lalu klik daftar ke Adsense.

http://www.xcodeplus.net/2018/01/apa-itu-google-adsense.html
Gambar 1.2 - Proses Pendaftaran AdSense Melalui Blogger


Tahap 3: Untuk Anda yang ingin mendaftarkan akun non-hosted Anda diharuskan mendaftar pada situs resminya disini.

http://www.xcodeplus.net/2018/01/apa-itu-google-adsense.html
Gambar 1.3 - Halaman Resmi AdSense



Tahap 4: Sekarang, ketika Anda di bawa pada halaman berikutnya isilah data-data dengan lengkap, dan perhatikan agar tidak ada kesalahan data sedikit pun karna jika tidak pendaftaran akan sia-sia.

http://www.xcodeplus.net/2018/01/apa-itu-google-adsense.html
Gambar 1.4 - Formulir Pendaftaran



Tahap 5: Anda akan di perintahkan untuk meletakan sebuah kode unik pada template Anda, letakan kode tersebut tepat di bawah kode tag </head>.


http://www.xcodeplus.net/2018/01/apa-itu-google-adsense.html
Gambar 1.5 - Pemasangan Kode AdSense di blogger


Catatan: 
Jika kode AdSense tersebut tidak dapat dipasang pada template Anda silahkan koversi/parse terlebih dahulu disini.



Perhatian:
Hati-hati jika Anda merubah kode AdSense tersebut karna bisa saja kode anda tidak dapat di kenali oleh AdSense, direkomendasikan gunakan konversi/parse tool di atas yang saya sertakan. 


Tahap 6: Setelah semuanya selesai, Anda akan mendapatkan pemberitahuan apakan akun Anda lolos atau tidak.

Tahap 7: Informasi yang di dapat jika Akun Anda diterima sepenuhnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

http://www.xcodeplus.net/2018/01/apa-itu-google-adsense.html
Gambar 1.6 - Akun AdSense yang diterima sepenuhnya


Tahap 8: Berjuanglah...!!!


Jika akun Anda diterima sepenuhnya ini berarti awal dimana Anda menjadi publisher google, ikutilah segala peraturan yang ada, jangan berlaku curang atau berbuat yang tidak adil untuk salah satu pihak karna bisa-bisa akun Anda di banned.

Buatlah konten yang menarik dan berkualitas di blog Anda, jangan sekali-kali membuat konten yang provokatif atau penebar kebencian google tidak suka itu, tentu ini berdampak buruk bagi citra AdSense maka dari itulah Anda harus bekerja keras dalam mencapai kesuksesan sebagai publisher AdSense.

Okeee.. pembahasan kali ini selesai, dimana kita telah membahas mengenai AdSense hingga kita bergabung dengan AdSense semoga yang saya sampaikan berguna untuk Anda dan tulisan ini mudah dipahami. Saya berterimakasih kepada Anda yang telah mendukung saya dengan membagikan konten ini kepada teman-teman, kekasih, keluarga maupun orang-orang terdekat Anda hehe..

Jangan lupa nantikan artikel terbaru dari saya. Enjoy!


http://www.xcodeplus.net

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.