Ads Home1

12 Istilah-istilah Unik dalam AdSense

http://www.xcodeplus.net/2018/01/12-istilah-istilah-unik-dalam-adsense.html



12 Istilah dalam AdSense

Dari awal dirilisnya Google AdSense pada tahun 2003 hingga saat ini perkembangannya terus meningkat, banyak sekali perusahaan didunia percaya dengan mitra periklanan ini karena dianggap paling berkualitas dan tentu saja karna AdSense dimiliki oleh perusahaan raksasa Google yang sudah memiliki reputasi yang baik diseluruh dunia.

Pada tahun 2015, AdSense telah merilis informasi bahwa mereka sudah membayar sekitar $10 Miliyar USD kepada para publisher mereka wow!. Pada tulisan saya kali ini saya akan membahas mengenai istilah-istilah yang ada dalam AdSense contohnya seperti apa itu istilah Publisher dan sebagainya. Hal ini bertujuan bagi Anda yang ingin memulai bisnis online dengan AdSense bisa mengetahui informasi penting ini selagi menunggu akun Anda di terima.

Berikut di bawah ini 12 Istilah-istilah yang paling umum dalam AdSense, yaitu:

1. Publisher

Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke Google Adsense dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web mereka setelah aplikasi disetujui. 

Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense.

Akan tetapi sebagai catatan disini Anda yang melakukan pendaftaran dengan akun hosted dapat memiliki beberapa akun, walaupun begitu ada perbedaannya antara akun hosted maupun non-hosted untuk penjelesan lengkapnya silahkan lihat disini

2. Ad Units

Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis bukan satu jenis dan beberapa ukuran bukan satu ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

Saat ini jenis-jenis kategori iklan sangat banyak sekali, mulai dari yang telah saya sampaikan yaitu Text & Display Ads, lalu In-feed Ads dan In-Article Ads. Anda juga dapat mengatur ukuran yang sesuai untuk iklan Anda.

3. Link Units

Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada praktiknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.


4. AdSense for Content

AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

5. Alternate Ads

Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

6. Channels

Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisis performa AdSense mereka.

Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.

7. Page Impressions

Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.

8. Clicks

Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.

9. CTR (Clickthrough Rate)

CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).

10. CPC (Cost Per Click)

CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

11. eCPM (Effective CPM)

eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).


12. Account Hosted & Non-Hosted

Dalam proses pengajuan sebagai mitra AdSense ada dua tipe akun yang bisa di daftarkan yaitu Akun hosted dan Akun non Hosted. Akun hosted merupakan sebuah situs web yang merupakan milik dari google yaitu blogspot, dalam proses pendaftaran dengan tipe akun ini lebih mudah diterima dari pada akun non-hosted, berbeda dengan akun non-hosted, pada tipe akun ini proses pengajuan menjadi mitra AdSense lebih sulit karna adanya beberapa tahap review dan tentu saja waktu proses approvalnya sangat lama bisa 1 bulan bahkan lebih. 

Untuk lengkapnya mengenai perbedaan akun hosted dengan akun non-hosted Anda bisa membaca artikel di bawah ini:




Informasi lainnya didapat berdasarkan wikipedia.

http://www.xcodeplus.net

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.