Ads Home1

C# Tutorial Membuat Rangkaian Kata Unik dengan Pengulangan

http://www.xcodeplus.net/2017/11/csharp-membuat-rangkaian-kata-unik.html

 

C# PATTERN PART III

Sebelumnya kita telah membuat beberapa pola-pola unik menggunakan pengulangan for, mulai dari pola segitiga, persegi, piramida, layang-layang dan bahkan simbol hati (love). Jika Anda belum membaca tutorial pembuatan pola tersebut silahkan mengunjungi link di bawah ini:

BACA JUGA : 
  1. C# Membuat Program Pola Unik Segitiga, Piramida, Berlian, dan Persegi
  2. C# Tutorial Membuat Pola Simbol Hati (love)
Pada postingan kali ini kita akan membuat serangkaian kata yang akan membentuk sebuah kata yang bisa di baca, dari mulai huruf pertama, kedua, dan ketiga yang jika digabungkan akan membentuk kata. Contoh disini kita akan membuat kata 'ADA' asumsikan kita akan membuat pengulangan dengan rentang 3 dan untuk baris pertama akan membentuk kata 'A' dan baris kedua akan membentuk kata 'AD' dan untuk baris terakhir akan membentuk kata 'ADA'. Ini yang disebut membuat program rangkaian kata yang bisa kita baca dengan sempurna.


C# PATTERN : A

Pola pertama kita membuat serangkaian huruf yang akan membentuk kata XCODEPLUS. Selengkapnya perhatikan kode berikut di bawah ini:

PROGRAM 1.1 : C# PATTERN A

using System;

namespace Csharp_Pattern
{
    class Program
    {

        static void Main()
        {

            int rows, columns;
            
            // Mendefinisikan array satu dimensi      
            char[] data = new char[20];


           Console.WriteLine("Masukan Rangkaian Huruf yang akan Membentuk Kata:");

           for(rows=0; rows < 9; rows++) // Bisa juga ditulis dengan rows < data.Length
            {
                Console.Write("["+rows+"]");
                data[rows] = Convert.ToChar(Console.ReadLine());
            }


            // Membersihkan layar
            Console.Clear();

            Console.WriteLine("HASIL:");        

            for(rows=0; rows < 9; rows++)
            {
                for(columns = 0; columns <= rows; columns++)
                {
                    // Mencetak isi elemen data
                    Console.Write(data[columns]);
                }
                Console.WriteLine();
            }


            Console.ReadLine();
        }
    }
}

HASIL PROGRAM 1.1
Masukan Rangkaian Huruf yang akan Membentuk Kata: 

[0]X
[1]C
[2]O
[3]D
[4]E
[5]P
[6]L
[7]U
[8]S

HASIL:  

X
XC
XCO
XCOD
XCODE
XCODEP
XCODEPL
XCODEPLU
XCODEPLUS


Dari kode program di atas bagaimana bisa menghasilkan tampilan seperti di atas ?, Memang agak sulit dimengerti jika Anda belum memahami apa itu statemen pengulangan di dalam C#, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu mengenai statemen pengulangan di dalam C#, tujuannya agar Anda dapat mengerti konsep dari pengulangan dan dengan begini Anda akan mudah memahami apa yang saya sampaikan. Selengkapnya lihatlah terlebih dahulu konsep dari statemen pengulangan di bawah ini:

BACA JUGA : C# Tutorial - Statemen Pengulangan for


Jika Anda sudah mengerti mengenai statemen pengulangan di dalam C#, silahkan pahami apa yang saya sampaikan disini. Dalam statemen pengulangan bercabang (nested loop) kondisi yang akan diselesaikan terlebih dahulu adalah kondisi yang berada di blok pengulangan bagian dalam. Lihatlah potongan kode program sebagai berikut:

// baris (pengulangan bagian luar)
for(int rows = 1; rows<10; rows++){
    
    // kolom (pengulangan bagian dalam)
    for(int column = 1; column<rows; column++){

      // pernyataan bagian dalam akan diselesaikan
      // terlebih dahulu.
      Console.WriteLine("*");
    }
}

Bisa kita lihat pada potongan kode program di atas, kita memiliki beberapa pengulangan, ada yang berada diluar dan juga di dalam, saat di jalankan mula-mula program akan mengeksekusi perintah dari blok pengulangan bagian luar (baris) lalu program akan menyelesaikan pernyataan yang ada di dalam blok pengulangan bagian dalam (kolom), dan ini berlangsung hingga proses pengulangan berakhir (dinyatakan false).


Perhatikan pada kondisi dari statemen pengulangan for luar, kita memberikan perintah untuk melakukan pengulangan hingga 10 kali, lalu pada kondisi statemen pengulangan for bagian dalam kita juga memberikan sebuah perintah untuk melakukan pengulangan dengan rentang kurang dari nilai rows (baris). Maksudnya bagaimana ? Selengkapnya lihatlah gambar berikut ini yang akan menjelaskan konsep tersebut.

http://www.xcodeplus.net/2017/11/csharp-membuat-rangkaian-kata-unik.html
Gambar 1.1 Tabel ilustrasi cara kerja dari statemen pengulangan (for,while,dsb).

Cara kerja dari statemen pengulangan for seperti yang terlihat pada gambar di atas, Jika pengulangan bagian luar melakukan pengulangan satu kali, maka pengulangan bagian dalam-pun akan melakukan hal yang sama, pada potongan kode program di atas, terlihat kita memberikan perintah untuk mencetak simbol * (asteriks). Untuk tahap pengulangan kedua dari for bagian luar, maka pernyataan untuk mencetak simbol * yang ada di blok pengulangan bagian dalam akan dicetak dua kali, jika pengulangan for luar melakukan pengulangan tahap ketiga, perintah mencetak simbol * di for bagian dalam akan dilakukan 3 kali dan inipun berlangsung seterusnya hingga kondisinya bernilai false.

Konsep inipun berlaku untuk membuat rangkaian huruf yang menjadi serangkaian kata unik di dalam statemen pengulangan, hanya saja untuk program ini kita memerlukan sebuah array (larik) untuk menampung data-data yang di inputkan oleh user melalui keyboard. Dan saat kita ingin menampilkan elemen-elemen array tersebut dengan menggunakan konsep pengulangan bercabang (nested loop) maka tampilan yang akan diberikan oleh program akan terlihat pada hasil program 1.1 ini pun terkagantung dengan algoritma yang kita berikan.

Jika Anda masih kesulitan memahami konsep dari statemen pengulangan for bercabang, di bawah ini saya sajikan sebuah tutorial melalui vidio yang akan membantu Anda memahami konsep dari pembuatan pattern seperti program di atas.




C# PATTERN :B

Pola kedua kita akan membuat serangkaian huruf yang akan membentuk kata XCODEPLUS akan tetapi hasil yang ditampilkan akan berbeda, kata XCODEPLUS disini akan dibalik menjadi SULPEDOCX  Selengkapnya perhatikan kode berikut di bawah ini:

PROGRAM 1.2 : C# PATTERN B
using System;


namespace CSharpTutorials
{
    class Program
    {
        static void Main()
        {

            int rows, columns;


            char[] data = new char[20];

            Console.WriteLine("Masukan Rangkaian Huruf yang akan Membentuk Kata:");            

            for (rows = 0; rows < 9; rows++)
            {
                Console.Write("[" + rows + "]");
                data[rows] = Convert.ToChar(Console.ReadLine());
               
            }

            Console.Clear();

            Console.WriteLine("HASIL:");
            
            for(rows = 0; rows < 9; rows++)
            {
                for(columns = 9; columns >= rows; columns--)
                {                
                  
                    Console.Write(data[columns]);

                }
                Console.WriteLine();
            }

            Console.ReadLine();

               

        }
    }
}

HASIL PROGRAM 1.2
Masukan Rangkaian Huruf yang akan Membentuk Kata: 

[0]X
[1]C
[2]O
[3]D
[4]E
[5]P
[6]L
[7]U
[8]S

HASIL:

SULPEDOCX
SULPEDOC
SULPEDO
SULPED
SULPE
SULP
SUL
SU
S
 


Catatan:
Baik kode program 1.1 maupun 1.2 dapat kita terapkan juga diberbagai bahasa pemrograman populer lainnya seperti C, C++, Java dan sebagainya, kita hanya perlu memodifikasinya sedikit, biasanya dibagian perintah input/output dan juga pustaka dari masing-masing bahasa pemrograman tentunya seperti halnya C++ untuk pustaka input/output biasanya menggunakan pustaka iostream, untuk bahasa C biasanya stdio.h dan sebagainya. 


Saya berharap pembahasan kali ini dapat bermanfaat, dengan adanya pembahasan kali ini semoga dapat membantu Anda dalam memahami konsep dari statemen pengulangan untuk membuat berbagai pola-pola unik. Biasanya di bangku pendidikan seringkali mahasiswa/i diberikan tugas-tugas seperti ini, tujuannya untuk menguji seberapa kemampuan Anda dalam menyelesaikan masalah yang diberikan oleh mereka dan bagaimana Anda mengatasi tantangan tersebut melalui logika Anda.



C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

 

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.