Ads Home1

C# Tutorial - Apa itu Tipe Bilangan Bulat ?

http://www.xcodeplus.net/2017/06/csharp-tutorial-apa-itu-tipe-bilangan-bulat.html

XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]

Tipe Bilangan Bulat

C# mendefinisikan sembilan tipe bilangan bulat (interger) dengan ukuran dan rentang nilai yang berbeda-beda, yaitu: char, byte, sbyte, short, ushort, int, uint, long, dan ulong. Meskipun demikian, tipe char diperuntukan untuk merepresentasikan karakter sehingga akan kita bahas pada bagian terpisah. Tabel berikut ini berisi daftar tipe data yang tergolong ke dalam tipe bilangan bulat.

http://www.xcodeplus.net/2017/06/csharp-tutorial-apa-itu-tipe-bilangan-bulat.html
Gambar 1.1 Daftar Tipe Bilangan Bulat di dalam C#

Seperti yang terlihat di atas, C# menyediakan tipe bilangan bulat bertanda (signed) dan tak bertanda (unsigned). Suatu variabel yang dideklarasikan menggunakan tipe bilangan bulat bertanda akan dapat diisi dengan nilai negatif (mengandung tanda minus).

PROGRAM 1.1
using System;

class Example_Interger{
          byte b;
          b = 255;          
          int n = 1211100000;
         
          Console.WriteLine(“Nilai b : “ + b);
          Console.WriteLine(“Nilai n : “ + n);
          Console.ReadLine();
       }
}



Hasil program:
Nilai b : 255
Nilai n : 1211100000





Untuk memasukan nilai bertipe long kita perlu menambahkan akhiran l atau L, tipe ulong dengan ul atau UL, dan tipe uint dengan u atau U. Sebagai contoh, 100 adalah nilai dengan tipe int, 100L adalah nilai dengan tipe long, dan 99UL adalah nilai bertipe ulong.

int i = 100;
uint u = 100U;
long  l = 100L;
ulong ul = 100UL;


Selain bilangan desimal (basis 10), C# juga mendukung nilai yang ditulis dalam format hexadecimal (basis 16). Bilangan hexadecimal menggunakan digit 0 sampai 9 dan ditambah dengan huruf A sampai F untuk merepresentasikan nilai 10, 11, 12, 13, 14, dan 15. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

http://www.xcodeplus.net/2017/06/csharp-tutorial-apa-itu-tipe-bilangan-bulat.html
Gambar 1.2 Konversi tipe decimal ke hexadecimal


Di dalam bilangan decimal (basis 10), nilai di dalamnya terdiri dari 0 – 9, sedangkan nilai bilangan hexadecimal (basis 16) terdiri dari 0 – F. Dalam C#, bilangan hexadecimal harus diawali dengan 0x (angka 0 yang diikuti karakter x).

int hexadecima1 = 0xA4;
int hexadecimal2 = 0xFF;





XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]
C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.