Ads Home1

C# Tutorial - Apa itu Tipe Data ?

http://www.xcodeplus.net/2017/06/c-tutorials-apa-itu-tipe-data.html

XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]


Tipe Data


Dalam C#, tipe data dibedakan menjadi dua jenis yaitu, tipe nilai (value type) dan tipe referensi (reference type). Perbedaan antara keduanya terletak pada nilai yang dikandung oleh variabelnya. Untuk tipe nilai variabel secara langsung akan berisi nilai aktual, seperti 11, 25.5, “World”, dan sebagainya. Sedangkan dalam tipe referensi, variabel akan berisi referensi ke nilai lain.

Gambar berikut ini menunjukan klasifikasi tipe data di dalam C#.

http://www.xcodeplus.net/2017/06/c-tutorials-apa-itu-tipe-data.html

Gambar 1.1 Klasifikasi tipe data dalam C#



Saat bekerja dengan tipe data di dalam C#, Anda juga perlu mengetahui tentang tipe data yang didefinisikan di dalam .NET Framework. Tipe data ini ada yang berupa kelas, ada juga yang berupa struktur; dan sering dikenal dengan istilah Common Type System (CTS), atau sederhananya: tipe .NET. Perlu Anda ketahui bahwa tipe-tipe yang didefinisikan di dalam C# sebenarnya merupakan alias atau nama lain dari tipe .NET. Sebagai contoh, pada saat kita mendeklarasikan variabel n yang bertipe interger (int), maka n sebenarnya merupakan objek (instance) dari struktur System.Int32. Ini berarti bahwa tipe int (di dalam C#) hanya merupakan alias dari tipe System.Int32 (di dalam .NET Framework). Berikut di bawah ini kode program yang akan membuktikan pernyataan di atas.


PROGRAM 1.1
using System;

class ExampleCTS{
     static void Main(){
          byte b = 0;
          short s = 0;
          int n = 0;
          long l = 0L;
          float o = 0.0F;
          double d = 0.0;
          char a = ‘A’;

          // Menampilkan tipe
Console.WriteLine(“CTS dari byte       :  “+ b.GetType());
Console.WriteLine(“CTS dari short      :  “+ s.GetType());
Console.WriteLine(“CTS dari int          :  “+ n.GetType());
Console.WriteLine(“CTS dari long       :   “+ l.GetType());
Console.WriteLine(“CTS dari float       :  “+ o.GetType());
Console.WriteLine(“CTS dari double   :  “+ d.GetType());
Console.WriteLine(“CTS dari char       :  “+ a.GetType());
Console.ReadLine();
        }
}


Hasil program:
CTS dari byte               : System.Byte
CTS dari short             : System.Int16
CTS dari int                 : System.Int32
CTS dari long              : System.Int64
CTS dari float              : System.Single
CTS dari double          : System.Double
CTS dari char              : System.Char











Seperti yang Anda lihat di atas, meskipun variabel b, s, dan seterusnya dideklarasikan menggunakan tipe data dasar (byte, short, dsb) tapi variabel tersebut memiliki metode GetType(), yang akan memberikan informasi tentang tipe .NET(CTS).



XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]
C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.