Ads Home1

Struktur Program dalam C# ( C Sharp)


XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]

Struktur Program dalam C#

Program di dalam C# dapat berupa kelas maupun struktur. Dalam kelas tersebut harus terdapat metode Main()(ditulis dengan huruf M besar), yaitu metode utama yang akan dipanggil pertama kali pada saat program dijalankan. Metode itu sendiri adalah fungsi yang didefinisikan di dalam suatu kelas maupun struktur. Secara umum, kerangka program di dalam C# dapat dituliskan seperti berikut:

class Namakelas{
       static void Main(string[] args){
          //Kode program yang akan dijalankan
    }
} 
Atau
struct NamaKelas{
        static void Main(string[] args){
          //Kode program yang akan dijalankan
    }
}


Bentuk pertama menggunakan kelas dan bentuk kedua menggunakan struktur. Meskipun diperbolehkan, namun penggunaan pada bentuk kedua di atas sangat jarang dijumpai dalam program-program C#. Dengan demikian, dalam pembahasan ini dan seterusnya kita hanya akan menggunakan bentuk pertama.

Metode Main() memiliki empat bentuk deklrasi, yaitu:

1. Bertipe void dan tanpa parameter

static void Main(){
       //…..
}

2. Bertipe void dengan parameter
        static void Main(string[] args){
//…
}

3. Bertipe int dan tanpa parameter
static int Main(){
  //…
return 0;
}

4. Bertipe int dengan parameter
static int Main(string[] args){
  //….
return 0;

}


Parameter args adalah parameter yang bertipe array dari tipe string. Parameter tersebut berguna untuk menampung nilai-nilai argument yang dituliskan atau disertakan pada saat kita menjalankan program melalui command-line. Tidak seperti C++, dalam C# args[0] tidak menunjuk ke nama program, melainkan akan menunjuk ke argument pertama yang dituliskan.
Kelas dari program yang kita buat dapat juga dibungkus dengan namespace. Kita akan membahas namespace pada bagian berikutnya secara terpisah, namun singkatnya namespace adalah suatu nama tertentu yang digunakan sebagai wadah atau bungkus dari kelas, struktur, interface, maupun namespace lain. Dengan menggunakan namespace, kita dapat mengubah kerangka program C# menjadi seperti berikut di bawah ini:

namespace NamaNamespace{
      class NamaKelas{
           static void Main(string[] args){
              // Kode yang dijalankan
             }
       }
}

Bagi Anda yang sebelumnya memiliki latar belakang pengetahuan bahasa C++ Apa yang dapat Anda simpulkan mengenai penggunaan namespace pada contoh kode program di atas ? Yaa, tentu Anda sudah tidak asing lagi mengenai penggunaan namespace tersebut karna pada dasarnya penggunaan namespace di dalam C# sama dengan namespace di dalam C++. Ini membuktikan bahwa apa yang saya sampaikan sebelumnya benar bahwa memang C#  merupakan pengembangan dari bahasa C++ dan group C lainnya.

XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]
C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.