Ads Home1

Pengenal Program (Identifier) C#


http://www.xcodeplus.net/2017/05/pengenal-program-identifier-c-sharp.html


XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]

Apa Itu Pengenal Program (Identifier) ?

Pengenal program atau juga lebih dikenal dengan sebutan Identifier adalah nama-nama yang kita definisikan di dalam kode program, baik untuk namespace, kelas, metode, variabel, konstanta, maupun yang lainnya. Nama yang digunakan sebenarnya bebas, bisa apa saja, sesuai dengan yang dikehendaki. Meskipun demikian , terdapat beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat mendefinisikan pengenal program, yaitu:
Identifier tidak boleh mengandung spasi.
Contoh:
int game score; // Salah
int GameScore; // Benar
int game_score; // benar


Identifier tidak boleh mengandung karakter simbol, kecuali underscore( _ ) dan @. Penggunaan tanda @ sebenarnya hanya ditunjukan untuk nama-nama yang merupakan kata kunci di dalam C#. Meskipun demikian, kita masih dapat menggunakan tanda tersebut untuk mendefinisikan nama lain (selain kata kunci), asalkan ditempatkan pada posisi pertama.
Contoh:
int #score; //salah
string nama?; //salah
string  _nama; //benar
string @nama; //benar
string n@ma;  //salah


Identifier tidak boleh diawali oleh angka   
Contoh:
int 5core;      //salah


Pengenal program tidak boleh menggunakan keyword (kata kunci) yang sudah didefinisikan di dalam bahasa C#. Apabila Anda terpaksa harus menggunakan nama tersebut, maka Anda harus menyertakan tanda @ di depannya. 
Contoh:
int @decimal;  //benar
int decimal; //salah





Gunakan nama yang deskriptif sesuai dengan kebutuhan program. Sebagai contoh, untuk membuat variabel yang digunakan untuk menyimpan nilai panjang dan lebar dari persegi panjang, kita dapat menggunakan nama p dan l bukan a dan b, atau nama-nama lain yang sepertinya tidak mencerminkan nilai panjang dan lebar.





XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]
C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.