Ads Home1

Konsep Pemrograman Berorientasi Objek (OOP) C#

http://www.xcodeplus.net/2017/05/konsep-pemrograman-berorientasi-objek-csharp.html

XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]

Konsep Pemrograman BerorientasiObjek

C# merupakan bahasa pemrograman yang mengimplementasikan konsep pemrograman berorientasi objek, atau Object Oriented Programming (OOP). Dalam pemrograman berorientasi objek, segala permasalahan program akan dipandang sebagai sebuah objek. Ini tentu berbeda dengan konsep pemrograman yang sempat populer sebelumnya, yaitu pemrograman prosedural. Dalam pemrograman prosedural, segala permasalahan program akan dipandang sebagai sebuah proses (fungsi). Dengan demikian, pemrograman berorientasi objek adalah konsep pemrograman yang berbasis pada pembentukan objek, sedangkan pemrograman prosedural berbasis pada pembentukan fungsi.


Abstraksi (Abstraction)

Abstraksi adalah proses penyembunyian kerumitan atau detail dari suatu proses tertentu di dalam kelas. Ini berarti bahwa pengguna kelas hanya perlu tahu cara menggunakan kelas tersebut tanpa harus tahu detail proses (kode program) yang terdapat di dalam kelas tersebut. Abstraksi juga dapat didefinisikan sebagai proses permodelan kasus-kasus yang terdapat di dunia nyata ke dalam kelas.


Pembungkusan (Encapsulation)

Pembungkusan adalah proses menyatukan anggota-anggota kelas (properti, metode, maupun anggota lainnya) ke dalam satu unit tunggal yang disebut kelas. Istilah ‘kelas’ dan ‘objek’ dalam pemrograman berorientasi objek kadang digunakan secara bergantian. Namun, perbedaan antara keduanya dilihat dari bentuk fisiknya. Kelas adalah tipe data (masih berbentuk abstrak), sedangkan objek adalahh wujud nyata/konkrit (disebut instance) dari kelas. Pada saat mendefinisikan suatu kelas tertentu, sebenarnya kita sedang melakukan proses pembungkusan.



Pewarisan (Inheritance)

Pewarisan adalah suatu konsep yang menjelaskan kemampuan untuk membuat kelas baru yang diturunkan dari kelas lain yang sudah ada sebelumnya. Dalam proses ini, sifat-sifat dari kelas lama akan diwariskan ke kelas baru. Dalam pemrograman berorientasi objek, kelas lama sering disebut kelas induk, sedangkan kelas baru sering disebut kelas turunan.



Polimorfisme (Polymorphism)

Polimorfiseme adalah suatu keadaan dimana kita dapat memiliki banyak kelas yang dapat digunakan secara bergantian, meskipun setiap kelas mengimplementasikan properti atau metode yang sama dengan cara yang berbeda. Polimorfisme juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan suatu objek untuk melakukan hal berbeda melalui cara yang sama.





XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]
C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.