Ads Home1

Hubungan C# dengan C , C++, dan Java

http://www.xcodeplus.net/2017/05/hubungan-c-sharp-dengan-c-cpp-dan-java.html


XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]


Hubungan C# dengan C , C++, dan Java

Bagi Anda yang sebelumnya tidak pernah mempelajari bahasa pemrograman C dan C++ mungkin akan sedikit bingung mengenai perbedaan antara C, C++, dan C#. Sebenarnya tidak ada hubungan khusus diantara ketiganya. Masing-masing (C, C++, dan C#) merupakan bahasa pemrogramman computer yang berjalan secara terpisah di lintasannya masing-masing.

C adalah bahasa pemrograman paling popular di sepanjang sejarah pemrograman komputer. C dibuat pada tahun 1970 oleh Dennis M.Ritchie di laboratorium Bell. Sejak kelahirannya, bahasa C banyak digunakan di lingkungan industri perangkat lunak untuk mengembangkan program-program di berbagai bidang. Sistem-sistem operasi yang beredar saat inipun (Windows, Linux, dan keluarga Unix lainnya) masih dikembangkan menggunakan bahasa C. Selain untuk pembuatan system operasi, C juga banyak digunakan untuk mengembangkan bahasa pemrogramman baru beserta kompilator maupun interpreter-nya. C++, Java, Python, Ruby, PHP, dan Perl adalah sebagai bukti contoh nyata dari bahasa pemrograman yang ditulis dalam bahasa C.

Bahasa C merupakan bahasa pemrograman procedural dimana kita tidak bisa memanfaatkan berbagai kelebihan bahasa pemrograman yang memiliki paradigma pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming) yang berkaitan dengan penggunaan ulang komponen (component reusable), seperti Pembungkusan (Encapsulation), Abstraksi (Abstraction), Pewarisan (inheritance), dan Polimorfisme (Polymorphism). Maka dari itu , Bjarne Stroustrup, yang juga bekerja di laboratorium Bell, mengembangkan bahasa pemrograman baru yang mula-mula dinamai dengan “C with Classes”. Pada tahun 1983, nama tersebut diubah menjadi “C++ (dibaca:Cplusplus)”, yaitu bahasa C yang mendukung pemrograman berorientasi objek, seperti bahasa Python yang dibuat oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991, lalu bahasa Ruby yang dibuat oleh Yukihiro Matsumoto pada tahun 1995 dan bahasa Java yang dibuat oleh Sun Microsystem pada tahun 1995.

Bahasa C# adalah produk Microsoft yang mulai dirilis di tahun 2000, Sintaks-sintaks control yang digunakan oleh C# banyak diadopsi dari bahasa C, sedangkan untuk sintaks-sintaks yang berkaitan dengan kelas dan objek banyak diadopsi dari bahasa C++ dan Java. Dengan demikian, meskipun tidak ada hubungan secara langsung antar C, C++, dan Java, akan tetapi pengetahuan Anda tentang bahasa C, C++, dan Java akan benar-benar sangat membantu dan mempercepat Anda dalam mempelajari bahasa pemrograman C#.

XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]

C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.