Ads Home1

Tanda Titik Koma dan Gaya Penulisan Program C#


XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]

Tanda Titik Koma Program C# 

Dalam C# (C Sharp), setiap statemen program harus diakhiri dengan tanda semicolon ( ; ) atau titik koma. Meskipun blok kode program merupakan kumpulan statemen, namun blok kode tidak perlu diakhiri dengan tanda titik koma. Tanda yang menyatakan akhir blok hanya tanda ( } ) saja.

C# tidak menggunakan baris baru sebagai tanda untuk memenggal setiap statemen. Dengan demikian, tidak akan menjadi masalah apabila kode program ditulis menyamping, selama setiap statemennya diakhiri dengan tanda titik koma. Sebagai contoh, perhatikan kode berikut:

int a=10;
int b=a;
Console.WriteLine( a +”   “+b );

Kode di atas dapat juga ditulis sebagai berikut:

int a = 10; int b=a; Console.WriteLine(a+ “ “+b);

Apabila kita memiliki satu statemen yang panjang, maka kita dapat memenggalnya menjadi beberapa baris kode. Sebagai contoh, kode berikut ini akan dianggap legal dalam C#:

Console.WriteLine(“Belajar Menjadi Master C# dengan”+
                  “XCODEPLUS – The Best Resource to Learn to Code”);

Meskipun terdiri dari dua baris kode, namun kode di atas akan tetap dianggap sebagai satu statemen. Cobalah lakukan sendiri..


Gaya Penulisan Program C#

Gaya penulisan program dari masing-masing programmer biasanya juga berbeda, tergantung dari kebiasaan dan kenyamanan mereka pada saat menuliskan kode program. Hal ini terlihat ketika mereka menulis blok kode program. Sebagian programmer ada yang menulis blok kode dengan cara berikut:

class Example
{
      static void Main(string[] args)
     {
           if(value >= 80)
          {
           Console.WriteLine(“Great Score!”);
          }
     }
}

Pada blok di atas, tanda awal blok, {, ditulis di bawah nama kelas, metode, dan blok pengulangan. Namun, ada juga yang menuliskannya di samping kanan, setelah nama kelas, metode,  dan juga blok-blok kode lainnya, seperti berikut:

class Example{
      static void Main(string[] args){
           if(value >=80){
              Console.WriteLine(“Great Score!)”
            }
        }
  }

Keduanya dari gaya penulisan program di atas bukanlah suatu permasalahan jika Anda terbiasa dengan menggunakan gaya pertama maupun gaya kedua. Hal yang perlu diperhatikan adalah masalah indentasi (indentation) atau pergeseran kode program. Identasi diperlukan untuk menjadikan kode program lebih mudah di baca dan tampak lebih rapi. Sebagai contoh, perhatikan kode program di bawah ini.

class Example{
static void Main(string[] args){
if(value>=80){
Console.WriteLine(“Great Score!”);
}
}
}

Meskipun kode di atas legal dan tidak menimbulkan kesalahan pada saat kompilasi, namun kode tersebut tidak enak dipandang dan susah untuk dibaca/pahami alurnya. Maka dari itu kita perlu melakukan pergesaran kode program, dengan ini Indentasi sangatlah penting dalam penulisan kode program yang kita buat.






XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]
C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.