Ads Home1

7 Alasan Kenapa Anda Harus Mempelajari C# ( C Sharp)

http://www.xcodeplus.net/2017/05/7-alasan-anda-harus-mempelajari-c-sharp.html


XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]

7 Alasan Kenapa Anda Harus Mempelajari C# ( C Sharp)


Dari informasi yang saya telah sampaikan dapat disimpulkan bahwa bahasa pemrograman C# merupakan gabungan dari kecanggihan bahasa keluarga C (C, C++, Objective-C, Java, dan sebagainya) dengan gaya penulisan program yang lebih halus.

Dengan menggunakan bahasa pemrograman C# kita dapat mengembangkan logika aplikasi yang rumit seperti yang dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa keluarga C, namun juga dapat membuat antarmuka pengguna yang ramah terhadap pengguna aplikasi (User Friendly) serta dapat mengakses sistem basis data relasional dengan cara relatif mudah.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman C#, Berikut inilah yang menjadi alasan kenapa Anda harus mempelajari C# yang dapat Anda lihat informasi selengkapnya dibawah ini:

Dalam bahasa pemrograman C# Manajemen memori dilakukan secara otomatis menggunakan salah satu fiturnya yang dinamakan garbage collection (hal ini juga mirip dengan bahasa Java). Maksudnya adalah sistem manajemen memori yang membuat programmer tidak perlu susah payah melakukan secara manual untuk membebaskan memori dari objek yang tidak terpakai (seperti yang dilakukan pada bahasa C, dan C++). Metode ini pertama kali diciptakan oleh John McCarthy sekitar tahun 1959 untuk memecahkan masalah manajemen memori manual pada bahasa pemrograman buatannya yaitu Lisp.


C# mendukung sepenuhnya konsep pemrograman berorientasi objek. C# mendukung konstruksi kelas, antarmuka, struktur, dan enumerasi seperti bahasa pemrograman berorientasi objek lainnya. Dengan berorientasi objek bahasa pemrograman C# dapat memberi kemudahan fleksibilitas yang lebih, kemudahan merubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. OOP diklaim lebih mudah dipelajari bagi programmer pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

Dalam pemrograman C# yang berkonsep OOP, segala permasalahan program akan dipandang sebagai sebuah objek. Ini tentu berbeda dengan metodologi pemrograman yang sempat popular sebelumnya, yaitu pemrograman procedural. Segala permasalahan program akan dipandang sebagai sebuah proses (fungsi).  Dengan demikian, pemrograman berorientasi objek adalah metodologi pemrograman yang berbasis pada pembentukan objek, sedangkan pemrograman procedural berbasis pada pembentukan fungsi.

Sebagai contoh perbedaan dalam konsep pemrograman dari keduanya adalah kita ambil contoh saja banyangkan jika kita akan membuat program yang dapat menghitung luas segitiga. Apabila kita menggunakan metode pemrograman procedural, kita pasti akan menyiapkan variable-variabel yang diperlukan dan menuliskan fungsi untuk menyelesaikan perhitungan luas segitiga. Namun, dalam pemrograman berorientasi objek, hal pertama yang akan kita lakukan adalah mendefinisikan kelas yang dapat mempresentasikan objek segitiga. Kelas tersebut digunakan sebagai pembungkus dari variable-variabel (data) dan operasi-operasi (fungsi) yang diperlukan. Selanjutnya, kita dapat menyelesaikan kasus tersebut dengan cara membentuk objek dari kelas bersangkutan. Umumnya konsep utama dari bahasa pemrograman berorientasi objek yaitu adanya Abstraction, Encapsulation, Inheritance, Polimorfisme. Dibagian ini kita tidak akan membahas dari ke 4 konsep penting dari bahasa pemrograman berorientasi objek tersebut, melainkan kita akan membahasnya  secara terperinci di bagian berikutnya secara terpisah.


LINQ (Language Integrated Query) yang memungkinkan aplikasi yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman C# mampu berinteraksi dan bekerja sama dengan berbagai jenis format data yang di mana hal ini sangat penting saat kita membuat aplikasi bahasa C# yang mengakses sistem basis data relasional (RDBMS – Relational Database Management System).


Seperti bahasa pemrograman C++ dan Java, C# juga mendukung tipe data dan kelas generik. Kelas generik adalah kelas yang datanya dapat diisi dengan tipe data apa saja. Dengan adanya kelas generik dalam penulisan sebuah program akan menjadi lebih efisien karena setiap metode yang didefiniskan sebenarnya memiliki algoritma yang sama sehingga terjadinya banyak duplikasi kode program. Untuk menghindari kejadian seperti ini, C# menyediakan fitur dengan nama generik, yang mengizinkan kita untuk membuat suatu metode, kelas, maupun interface yang bersifat generic.


C# menyediakan tipe khusus yang disebut delegasi (delegate). Objek dari tipe delegasi dapat mengacu ke metode tertentu yang memiliki tipe kembalian dan daftar parameter sama. Dengan demikian, ketika kita membuat objek delegasi, sebenarnya kita sedang membuat suatu objek yang berisi referensi ke metode tertentu. Anda dapat berasumsi bahwa delegasi itu sebenarnya merupakan perwakilan dari suatu metode. Bagi Anda yang sebelumnya pernah mempelajari C/C++, delegasi di dalam C# mirip dengan pointer fungsi (function pointer) di dalam C/C++.


C# menyediakan dua fitur ini properti dan indexer yang digunakan untuk memudahkan programmer dalam mengakses data di dalam kelas. Dalam C#, properti bukan termasuk ke dalam data, melainkan suatu penghubung antara data dan metode dengan nama khusus yaitu, ‘set’ dan ‘get’ yang disebut sebagai accessor. Sedangkan pengindeks mengizinkan data di dalam suatu objek untuk diakses seperti layaknya sebuah array, yaitu dengan menggunakan operator bracket ( [ ] )


Di dalam C# Larik (array) tidak hanya berdimensi satu ataupun multi-dimensi akan tetapi di dalam C# tersedia Larik yang tidak rata yang disebut dengan Jagged Array, yang mengizinkan masing-masing baris memiliki jumlah kolom yang berbeda.

XCODEPLUS - THE BEST RESOURCE TO LEARN TO CODE :  [C# TUTORIALS]
C# (dibaca: C Sharp) merupakan bahasa pemrograman generasi baru yang mewah, kaya akan fitur, dan dapat digunakan untuk membuat beraneka raga program/aplikasi di berbagai bidang. C# mendukung beberapa paradigma pemrograman: imperatif, deklaratif, fungsional, serta pemrograman berorientasi objek. C# termasuk dalam keluarga C, dan fitur-fiturnya banyak diadopsi dari Java dan C++. C# menggunakan pustaka (library) yang terdapat dalam .NET Framework, kelengkapan di dalam pustaka .NET Framework menjadikan proses pengembangan program/aplikasi menggunakan C# relatif lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan C++ dan Java.

4 comments:

  1. Jika mau terjun jadi dev C# apa bisa langsung belajar ke C# atau harus belajar C++/C dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya di bangku pendidikan kita di ajarkan konsep pertama OOP dengan bahasa pemrograman C++, kenapa ? karna bahasa C++ merupakan perkembangan bahasa C menjadi C with classes dengan begitu secara tidak langsung kita dapat mengetahui apa itu bahasa pemrograman berkonsep OOP maupun prosedural.

      Bahasa C# tidak jauh dengan C++ karna memang perkembangan bahasa C# diadopsi dari berbagai bahasa pemrograman populer sebelummnya seperi C++, Java dan sebagainya... Mau belajar C++ terlebih dahulu atau langsung belajar C# itu tidak masalah... tapi saya sarankan langsung fokus ke C# saja agar tidak lama dalam menguasai bahasa pemrograman C#

      Delete
  2. har lu keren bngt.. harus belajar sama lu gw har

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... ayo master farid bikin project bareng...

      Delete

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.