Ads Home1

C++ Penjelasan Fungsi Jump Statements goto dan exit()

http://www.xcodeplus.net/2017/03/cpp-penjelasan-fungsi-goto-dan-exit.html
www.xcodeplus.net/ C++ Penjelasan Fungsi Jump Statements goto dan exit()

http://www.xcodeplus.net/

Jump Statements II

Seperti yang telah saya jelaskan Jump statemen fungsinya untuk memaksa agar eksekusi statemen berjalan sesuai urutan yang kita inginkan, yaitu dengan cara meloncat dari statemen yang satu ke statemen yang lain. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana cara melakukan peloncatan statemen dengan menggunakan fungsi dari goto dan exit().
 

Menggunakan Fungsi goto Statemen

Pernyataan goto merupakan instruksi untuk mengarahkan eksekusi program ke-pernyataan yang diawali dengan suatu label. Label di dalam kode program berfungsi untuk menyatakan lokasi yang akan dituju. Perlu juga diperhatikan bahwa untuk menuliskan suatu label harus menggunakan tanda titik dua ( : ) di belakang nama label tersebut. Dalam mendefinisikan nama label juga tidak perlu dilakukan pendeklarasian seperti halnya sebuah variabel karena label hanya digunakan untuk tanda saja sehingga tidak memiliki tipe data.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan kode program di bawah ini yang akan mengimplementasikan pernyataan goto tersebut.

Source code program:



Jika dijalankan, program di atas akan memberikan hasil sebagai berikut:

Output program:  


Hal ini disebabkan karena penggunaan statemen goto yang memaksa program untuk meloncat ke label yang dituju.

Adapun contoh lainnya penggunaan statemen goto sebagai berikut di bawah ini:

Source code program:


Jika dijalankan, maka program akan menampilkan hasil seperti berikut di bawah ini:

Output program:

http://www.xcodeplus.net/2017/03/cpp-penjelasan-fungsi-goto-dan-exit.html

 

Pada kasus di atas mula-mula kita melakukan input nama ke dalam program, setelah hal itu dilakukan disinilah fungsi statemen goto berperan. Perhatikan pada kalimat output "Do you want to exit  ? (perhatikan juga pernyataan cin>>exit;) Jika kita input kan kata kunci 'N' ke keyboard maka program akan kembali melakukan input nama dan apabila yang di inputkan adalah 'Y' maka program akan mengakses pernyataan "return 0;" (lihat : Source code di atas). Hal ini disebabkan karena kita mendeklarasikan fungsi statemen goto pada kode program di atas (lihat pada pernyataan bagian if-else).



Tidak hanya untuk kasus di atas jika ditinjau dari pembahasan mengenai struktur pengulangan pernyataan goto juga dapat digunakan untuk mewakili penggunaan kata kunci break maupun continue. Berkut ini contoh program yang akan mengimplementasikan hal tersebut.

Source code program:


Hasil yang akan diberikan oleh kode program di atas adalah sebagai berikut:

 Output program:
http://www.xcodeplus.net/2017/03/cpp-penjelasan-fungsi-goto-dan-exit.html


Jika kita amati secara teliti, penggunaan kata kunci goto pada kasus ini sama halnya seperti penggunaan kata kunci break
 


Menggunakan Fungsi exit()

Berbeda dengan statemen-statemen peloncatan lain, fungsi exit() ini berfungsi untuk proses terminasi atau keluar dari program. Berikut ini adalah contoh program yang akan menunjukan cara kerja fungsi exit().

Source code program:


Berikut ini hasil yang akan ditampilkan apabila user memasukan nilai 0:

Output program I:

http://www.xcodeplus.net/2017/03/cpp-penjelasan-fungsi-goto-dan-exit.html

 
Pada saat user memasukan nilai selain 0 (misalnya 4), hasil yang akan diperoleh adalah sebagai berikut:

Output program II

http://www.xcodeplus.net/2017/03/cpp-penjelasan-fungsi-goto-dan-exit.html


Beberapa hal yang perlu Anda ingat adalah :
  • Fungsi exit() berguna untuk menghentikan program
  • Statemen break berguna untuk menghentikan proses pengulangan (dan percabangan yang menggunakan statemen switch)  




Lihat Halaman Sebelumnya..

BACA JUGA : C++ Apa itu Fungsi dari Jump Statement break dan Hubungannya dengan switch

   

 
http://www.xcodeplus.net/
C++ merupakan bahasa pemrograman yang berkekuatan tinggi (powerful) dan sangat populer yang berorientasi objek (Object Oriented Programming). Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh TIOBE, tidak hanya Java dan C, C++ juga selalu masuk ke dalam jajaran bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh para programmer profesional di seluruh dunia, C++ biasanya digunakan untuk mengembangkan beraneka ragam program di berbagai bidang, seperti: Games, Graphic, Bisnis, Telekomunikasi, Embedded system dan sebagainya.

Tapi dengan begitu C++ termasuk bahasa pemrograman yang tidak mudah dipelajari karena C++ merupakan bahasa middle level language, oleh sebab itu XCODEPLUS sebagai forum tutorial pembelajaran C++, hadir untuk memberikan pembelajaran bagi para programmer pemula yang ingin menguasai C++.

Kami berharap segala postingan yang kami berikan bermanfaat bagi anda. Dan untuk memotivasi kami agar terus update jangan lupa Like, Follow dan Subscribe segala sosial media kami. Terimakasih.


FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA
Twitter     : @XcodePlus
Facebook : @xcodeplus18
Google+   : @xcodeplus

Salam, XCode.++plus😄😏










No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.