Ads Home1

C++ Penjelasan Data Statis dan Contoh Penggunaanya

http://www.xcodeplus.net/2017/01/c-penjelasan-data-statis-dan-contoh.html
C++ Penjelasan Data Statis dan Contoh Penggunaanya/www.xcodeplus.net


Gambar batas intro postingan

Anggota Kelas yang Bersifat Statis

Di dalam C++, anggota-anggota dari sebuah kelas (data dan fungsi) dapat dijadikan sebagai statis, yaitu dengan menambahkan kata kunci static di depan deklarasinya. 

BACA JUGA : C++ Penjelasan Fungsi Statis Beserta Contoh Penggunaanya

 

Data Statis

Di dalam C++ Normalnya, setiap data yang terdapat dalam kelas akan dialokasikan untuk setiap objek (instance) yang ada. Namun, jika dideklarasikan sebagai statis, maka dalam memori hanya akan terdapat satu data yang sama. Data statis ini akan diinisialisasi dengan nilai 0 sebelum instance pertama dibuat.

Perlu diperhatikan bahwa ketika kita mendeklarasikan data statis di dalam kelas, sebenarnya kita tidak mendefinisikan data tersebut. Ini berarti bahwa sebelumnya data tersebut tidak tersimpan dalam memori. Untuk itu kita harus menyediakan definisi global untuk data tersebut di manapun letaknya asalkan berada di luar kelas yang bersangkutan. Hal ini dilakukan dengan cara mendeklarasikan ulang data statis menggunakan operator scope resolution ( :: ) untuk mengindentifikasi kelas pemilik data tersebut. Agar lebih mudah memahaminya, perhatikan contoh program di bawah ini.


Source code program:


Output program:
http://www.xcodeplus.net/2017/01/c-penjelasan-data-statis-dan-contoh.html
C++ Penjelasan Data Statis dan Contoh Penggunaanya/www.xcodeplus.net

     
Seperti yang kita lihat pada kode di atas, variabel A yang dideklarasikan sebagai data statis. Maka dari itu, ketika nilai A pada suatu objek (instance) berubah, maka itu berarti mengubah semua nilai A dari objek-objek lainnya. Pada kasus ini, ketika kita mengubah nilai A untuk objek I dengan nilai 30, nilai A yang terdapat pada objek H juga akan berubah menjadi 30. Variabel B yang merupakan variabel normal (non-statis), nilainya tidak akan berubah. Hal ini karena sebenarnya di dalam program tersebut terdapat dua buah variabel B, yaitu B milik objek H dan B milik objek I. Ini tentu berbeda dengan variabel A, yang sebenarnya hanya anda satu, akan tetapi digunakan oleh dua buah objek, yaitu H dan I.    



BACA JUGA : Mengenal Friend Function dan Friend Class C++

Gambar batas penutup


Salam, XCode.++plus😄😏










No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.