Ads Home1

Tips Jitu Cara Menjebak Semua Jenis Error di C++

Gambar Exception C++ dari www.xcodeplus.net EDITED PICT
Gambar by www.xcodeplus.net


Gambar batas intro postingan

Menjebak Semua Jenis Error

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara mendefiniskan statement catch untuk menangkap tipe eksepsi yang spesifik. 

BACA JUGA : Cara Melakukan Multiple Catch di C++


Namun pada postingan sebelumnya, kita harus mendifinisikannya untuk setiap tipe data. Sebenernya C++ telah menyediakan cara untuk menangkap semua tipe eksepsi, yaitu dengan mendefinisikannya dalam statemen catch yang mempunyai parameter ... (titik tiga kali). Untuk lebih memperjelas, berikut ini bentuk umum dari penulisan sebuah blok try yang akan menangkap semua tipe eksepsi yang terjadi di dalam program.

try{
     statemen_yang_mungkin_menyebabkan_error;
}
 catch (...){
     statemen_yang_digunakan_untuk_mengatasi_error;
}
Statement catch (...) di atas menujukan bahwa program hanya mempunyai sebuah exception handler yang akan dibangkitkan ketika terjadi eksepsi dari tipe data manapun. Berikut ini kami memberikan contoh program yang akan mengilustrasikan hal tersebut.

BACA JUGA :  Apa Itu Exception Handling Dalam C++ Berserta Contohnya Lengkap


Source code program:


Output program Exception:
Gambar Output Program Menjebak Banyak Error
Gambar by www.xcodeplus.net/Compiler Codeblock C++
  
Setiap tipe eksepsi yang dibangkitkan oleh program di atas melalui statemen throw, statemen catch akan menangkapnya dengan sebuah pesan yang sama, yaitu "PROGRAM TELAH MENEMUKAN SEBUAH KESALAHAN". Oleh karena pada fungsi main (fungsi utama) di atas terdapat empat pemanggilan fungsi XTHROW(), maka program di atas akan memberikan hasil seperti gambar di atas.

Apabila kita amati hasil program di atas, hanya terdapat satu statemen yang digunakan untuk mengatasi eksepsi, walaupun eksepsi di atas masing-masing bertipe int, double, char, dan char*.

Penting untuk diperhatikan bahwa statemen catch (...) juga dapat digunakan sekaligus dengan statemen catch lainnya, asalkan penulisannya harus ada di posisi paling akhir. Jika ditempatkan di atas atau di tengah-tengah, maka compiler akan menampilkan kesalahan dan program tidak dapat dijalankan.

Agar anda dapat lebih mudah memahami hal ini, berikut kami berikan contoh bagaimana cara membuat program tersebut.

Source code program:

Pada program di atas kita hanya mendefiniskan statemen catch untuk tipe data int dan double saja sehingga jika terjadi eksepsi dari data lain (misalnya char atau char*) maka program akan menangkapnya dengan statemen yang terdapat pada bagian catch(...) . Berikut ini adalah hasil yang akan diberikan dari program di atas.

Output program Exception:
Gambar Output Program Exception
Gambar by www.xcodeplus.net/Compiler Codeblock C++
    

BACA JUGA : SEJARAH LAHIRNYA BAHASA PEMROGRAMAN C++ 


Gambar batas penutup
Didalam sebuah program sangat direkomendasikan sekali penggunaan eksepsi pada sebuah program, karena dengan begitu program yang kita buat bebas dari yang namanya kesalahan (bug). dan menjadikan kita lebih profesional hehehe..😂😁

Salam, XCode.++plus😄😏











No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.