Ads Home1

Penjelasan Lengkap Bahasa Pemrograman C++ Terbaru

gambar C++

Gambar batas intro postingan

Pengertian C++     

      Apa Itu C++ ? (dibaca: si plus-plus) C++ merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak digunakan di dunia industri perangkat lunak untuk mengembangkan beraneka ragam program, baik yang bersifat komersil maupun untuk program-program yang bersifat open-source.

      C++ banyak digunakan oleh para praktisi dan ilmuwan untuk mengembangkan program-program (applikasi) berskala besar seperti games, program penelitian dibidang sains, embedded system, dan lain-lain. Bahkan C++ juga dapat digunakan untuk mengembangkan applikasi berbasi web, yang sering disebut dengan program CGI (Common Gateway Interface). Tidak hanya PHP, ASP, JSP dan Perl yang bisa memgembangkan sistem berbasis web, C++ pun bisa. dan saya yakin bahwa masih banyak yang belum mengetahui tentang ini haha.

rangking penggunaan bahasa pemrograman di seluruh dunia


      Pada saat ini, C++ sudah jauh mengalami banyak perubahan dibandingkan pada awal kemunculannya (versi klasik), baik dari sisi bahasa maupun  library standarnya. pada bulan agustus 2011 standarisasi C++ telah dilakukan sehingga adanya beberapa perubahan yang signifikan pada bahasa pemrograman ini. nama standar tersebut kemudian dikenal dengan sebutan C++11,dan ada juga yang menyebut sebagai C++ox.

Sejarah Singkat Lahirnya C++

      Pada mulanya bahasa komputer digunakan untuk membantu dalam melakukan perhitungan-perhitungan telemetri. Ketika itu, bahasa yang digunakan masih primitif sekali karena masih berupa bahasa mesin yang hanya mengenal angka 1 dan 0. Selanjutnya bahasa mesin tersebut disederhanakan menjadi bahasa yang agak dipahami dengan menghadirkan statemen-statemen khusus yang disebut dengan istilah mnemonic seperti ADD, MOV, JMP dan yang lainnya. Bahasa ini disebut dengan bahasa Assembly yang termasuk kedalam bahasa tingkat rendah (low level langueage).

     Pada tahun 1969, laboratorium Bell AT&T di Muray Hill, New Jersey menggunakan bahasa assembly ini untuk mengembangkan sistem operasi UNIX. Maksudnya adalah untuk membuat sistem operasi yang dapat bersifat "programmer-friendly". Setelah UNIX berjalan, Ken Thompson, seorang pengembang sistem di laboratorium tersebut mengembangkan compiler baru dengan nama bahasa B. Huruf B ini diambil dari BPCL.

     Bahasa B ini kemudian digunakan untuk menulis ulang atau merevisi sitem operasi UNIX. Oleh karena bahasa B ini masih bersifat interpret dan lambat, maka pada tahun 1971, sistem operasi UNIX ini ditulis ulang dengan menggunakan bahasa C, yaitu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Deninis Ritchie, seorang pengembang sistem di laboratorium yang sama.

     Sampai sekarang bahasa C masih digunakan untuk melakukan pengembangan-pengembangan program dan sistem operasi Windows dan Linux. Alasan itulah yang menjadikan bahasa C sangat populer di dunia pemrograman, khususnya untuk industri perangkat lunak. Namun sayangnya bahasa C merupakan bahasa yang masih tergolong susah untuk dipelajari karena masih bersifat prosedural murni. Untuk membentuk satu objek, kita harus melakukan banyak sekali penulisan kode. Hal ini tentu akan dikatakan sebagai sebuah kelemahan. Untuk mengatasi masalah ini, pada tahun 1983, seorang doktor bernama Bjarne Stroustrup yang saat itu juga bekerja di laboratorium yang sama menciptakan bahasa baru yaitu bahasa C++ yang merupakan bahasa turunan dari bahasa C.

     Bahasa C++ didasarkan atas bahasa C sehingga kita dapat melakukan kompilasi program-program yang ditulis dalam bahasa C dengan menggunakan compiler C++. Keistimewaan dari bahasa C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman berarah Objek atau yang lebih kita kenal dengan istilah Object Oriented Programming (OOP).
Namun, hal ini tidak berlaku sebaliknya. ini berarti bahwa semua compiler C++ pasti bisa digunakan untuk melakukan kompilasi kode program yang ditulis dalam C. Akan tetapi anda tidak akan bisa melakukan kompilasi kode program yang ditulis dalam bahasa C++ menggunakan compiler C.

Kedua bahasa ini (C dan C++) merupakan bahasa yang sangat populer dalam dunia pengembangan perangkat lunak. Keduanya digolongkan  ke dalam bahasa tingkat menengah (middle level language).




Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
  • Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  • Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan ( Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  • Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  • Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Biasanya dilingkungan Akademis maupun Universitas banyak yang lebih menggunakan bahasa tingkat tinggi karena lebih mudah dipahami oleh anak-anak didiknya.

Menurut Bjarne Stroustrup (Pencipta si C++), alasan mengapa C diambil sebagai bahasa dasar dari pembentukan bahasa C++ adalah sebagai berikut :
  • Dapat dihubungkan dengan bahasa tingkat rendah
  • Berjalan di manapun dan untuk masalah apapun
  • Berjalan mulus dalam sistem operasi UNIX
Bahasa C++ yang beredar sebelum tahun 1998 (sebelum proses standarisasi) sering disebut sebagai C++ tradisonal atau C++ klasik. Maka dari itu, compiler C++ lama seperti Turbo C++ dan Borland C++ tidak dapat digunakan untuk melakukan kompilasi terhadap kode-kode program yang ditulis dalam C++ baru.


Berikut contoh program C++ (compiler :CodeBlock) :
Contoh program dengan C++



Gambar batas penutup
Itulah penjelasan singkat tentang bahasa pemrograman C++, mempelajari bahasa pemrograman tidaklah sulit asalkan kita dapat komitmen (fokus) dalam mempelajari bahasa pemrograman tersebut.
mulailah belajar dari hal yang paling mudah dan cobalah langsung mempraktekan program tersebut karena dengan begitu kita menjadi mulai terbiasa. mempelajari bahasa C++ adalah pilihan yang bagus karena dengan menguasai bahasa pemrograman C++ kita bisa lebih mudah menguasai bahasa pemprograman lainnya khususnya JAVA. selanjutnya penulis akan membahas bagaimana proses pembentukan program dalam C++ pada postingan berikutnya.

Salam, XCode.++plus













Sumber:
  1. Bjarne Stroustrup, The C++ Programming Language (Third Edition), Addison-Wesley, 1997.
  2. Wikipedia Tentang Sejarah C++
URL : https://id.wikipedia.org/wiki/C%2B%2B









No comments:

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.