Ads Home1

Apa Itu Exception Handling Dalam C++ Berserta Contohnya Lengkap

gambar program error


Gambar batas intro postingan

Pengertian Exception Handling 

      Apa Itu Exception Handling ? (atau disebut juga dengan istilah menjebak error) apakah kalian pernah mendengar istilah ini di Sekolah, Akademis atau Universitas anda mengajar bahasa pemrograman komputer ?

      Dalam pembuatan sebuah program sering muncul error (kesalahan) dan bug, yang sering disebut dengan istilah eksepsi (exception). Prioritas utama bagi seorang programmer yang berpengalaman adalah membuat program yang terbebas dari kesalahan pada saat runtime (waktu program dijalankan).

      Hal ini bukanlah merupakan hal yang mudah karena disini kita harus pandai dalam menentukan kemungkinan-kemungkinan yang akan menyebabkan terjadinya error pada program kita. dengan begini kita sebagai programmer harus dapat mencegah terjadinya error pada program, sehingga meskipun hal itu terjadi, maka error tersebut tidak akan menghambat jalannya program. Proses seperti inilah yang disebut dengan penjebakan error atau yang lebih dikenal dengan istilah "exception handling".

      Pada bagian ini kita akan mempelajari bagaimana C++ dapat mencegah eksepsi-eksepsi yang terjadi.dan perlu diperhatikan bahwa Exception Handling hanya terdapat pada compiler C++ yang bahasanya telah memenuhi C++ standar atau versi C++ baru contohnya seperti Dev-C ++ atau CodeBlock dll. Dan jika anda menggunakan compiler C++ lama (klasik) contohnya seperti : Borland C++ dan Turbo C++, maka anda tidak dapat melakukan kompilasi program ini.
Belum mengetahui apa itu C++ ?
BACA : Penjelasan Lengkap Bahasa Pemrograman C++

 

Dasar-dasar Penjebakan Error (exception handling)

      Untuk melakukan penjebakan error di dalam C++, terdapat tiga buah kata kunci yang akan digunakan yaitu try, catch, dan throw. Berikut bentuk umum dari penulisan sebuah block yang dapat mencegah terjadinya error dalam C++.
 Sintaknya  : "try{
                         statemen_yang_mungkin_menyebabkan_error;}
                   
                       catch(tipe_data parameter{
                         statement_yang_digunakan_untuk_mengatasi_error;}
Contoh program :
/*Bentuk umum dari penulisan sebuah block yang dapat mencegah terjadinya erro di dalam c++.
sintaksnya : try{ statement yang mungkin menyebabkan error;}
             catch(tipe data parameter){statement yang digunakan untuk mengatasi error; }*/



#include < iostream >
using namespace std;

 int main()
 {
    int x;

    cout << "XCode.++plus (http://xcodeplus.blogspot.com" << endl;
    cout << endl;
    try{
    cout << "Masukan Nilai Bilangan Bulat Positif : ";
    cin>>x;

    if(x<=0){
            throw x; }
    else{
        cout << "Nilai yang dimasukan adalah : "<<  x;  }
    }
    catch(int e)
    {
    cout << "Program telah menangkap"
         << " eksepsi yang bernilai : ";
    cout << e;
    }

    return 0;
 }

      Konsep kerjannya exception handling ini sederhana, mula-mula program akan melakukan eksekusi terhadap statemen-statemen yang terdapat pada blok try. Jika eksekusi berjalan baik (tidak terdapat error), maka statemen yang terdapat pada bagian catch akan diabaikan. Namun jika terjadinya error, maka error tersebut akan dilempar dengan statemen throw dan ditangkap dengan menggunakan statemen catch.

Tampilan awal program :
      Apabila pada program diatas kita memasukan nilai positif (lebih besar 0) maka contoh hasil yang diberikan dari program diatas seperti berikut dibawah ini :

 Output program nilai bilangan positif :
      Hasil diatas merupakan hasil yang berjalan dengan baik tanpa adanya hal yang tidak diinginkan sehingga statemen yang terdapat pada bagian catch pun akan diabaikan. Namun apabila kita memasukan nilai negatif, maka yang terjadi adalah seperti pada gambar dibawah ini:

 Output program bilangan negatif:
      Program diatas hanya akan menangkap eksepsi yang bertipe int saja, sedangkan jika kita akan melakukan penjebakan terhadap data yang bertipe lain, maka proses penangkapannya juga harus disesuaikan dengan tipe data yang dimasukan.

        
Gambar batas penutup
Menggunakan exception handling pada program kita sangat dianjurkan karena sebagai seorang programmer profesional dituntut bisa membuat program yang terbebas dari kesalahan pada saat runtime.untuk pembahasan selanjutnya saya akan membahas mengenai "Menjebak Banyak Error" pada program. sekian dan thank you!










Salam, XCode.++plus


 








2 comments:

  1. gan adakah jurnal mengenai exception handling dalam pemrograman C# atau C Sub yang berisikan pengertian beserta penjelasan lengkapnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf gan, baru bisa saya balas. karna notifikasi komentar saya error.. untuk saat ini pembahasan yang terbaik menurut saya hanya di MSDN. mungkin saya juga akan membahasnya disini.. akan tetapi saya akan menyelesaikan materi lainnya dulu. karna exception handling merupakan advance level

      Delete

Kami menerima masukan dari anda jika memang ada pembahasan yang keliru dan kami sangat senang jika anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan postingan kami. Anda dapat mengirimkan email ke : hari18.muhammad@gmail.com

Jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Kami sangat merekomendasikan untuk anda yang membutuhkan informasi tentang computer stuff silakan subscribe blog kami dapatkan informasi terupdate dari kami secara gratiss. Terimakasih!

Powered by Blogger.